Merubah switching komputer untuk power suplay 13,8V

          Merubah switching komputer untuk power suplay 13,8V


   Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik merubah Switching komputer untuk keperluan pengganti powersuply pemancar fm,,, banyak forum yang membahasnya tetapi disini saya hanya membahas triknya yang berdasar pada pengalaman pribadi,,,
   Untuk langkah awal buka switchingnya dan amati kabelnya
      1.kabel warna hitam massa/groud/(-)
      2.kabel warna merah 5v +
      3.kabel warna kuning 12v +
      4.kabel warna hijau untuk remote on/of







 Pada switching gambar disamping yang saya gunakan untuk uji coba alias praktek, tidak tertera merek,, hanya ic nya saya kenal ,yaiti TL494 ,arahkan hanya pada kaki no1 saja ,dan teliti arah kemana dia berkoneksi ,,apapun jenis dan pembuatan kita kesampingkan semuanya yang penting kaki no1 itulah pokok penting dalam adjus tegangan ,,,setelah tak perhatikan tertera nilai resistor yang menempel pada kaki 1 6k5  ,,, gonta ganti r beberapa kali dan ketemu terahir r10k dan okkk tegangan yang semula 12v kini menjadi 13,8v walaupun masih bisa lebih,,,saya bukanlah pakar elektronik apalagi di bidang switching ,hanyalah berbagi dan belajar bersama,demi tercapainya tujuan dengan segala keterbatasan WASSALAM

Comments